IndiHome Catat Kenaikan 1 Juta Pelanggan Baru Selama Tahun 2020 – Layanan triple play Internet fiber milik PT Telkom Indonesia (persero) Tbk, IndiHome mengalamai catatan baik selama tahun 2020. Hal itu ditunjukkan dengan bertambahnya lebih dari 1,01 juta pelanggan sepanjang 2020. Pandemi Covid-19 turut mendongkrak angka kenaikan tersebut karena kebutuhan akses internet selama masa pandemi yang membuat Telkom Indonesia (persero) mengalami lonjakan permintaan layanan broadband.

“Kinerja yang positif tersebut semakin mengokohkan posisi Telkom sebagai pemimpin pasar dalam industri fixed broadband maupun selular di Indonesia,” kata Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/5/2021) lalu. Atas capaian ini, hingga akhir 2020 jumlah pengguna layanan Internet IndiHome sudah mencapai 8,02 juta pelanggan. Angka ini tumbuh 14,3 persen dibandingkan posisi akhir 2019.

“Situasi tersebut berpengaruh pada kinerja IndiHome. Telkom mencatat, layanan triple play IndiHome meraup pendapatan Rp 22,2 triliun, atau naik sebesar 21,2 persen dibanding tahun lalu,” jelas Ririek. Telkom menyebut kinerja IndiHome semakin memperkuat posisi produk yang sebelumnya bernama Speedy itu sebagai pangsa pasar internet terbesar di Indonesia. Kinerja positif itu juga dirasakan oleh Telkomsel, anak usaha Telkom yang berfokus pada penjualan broadband pula. Sebagai informasi, saat ini tercatat ada 169,5 juta pelanggan Telkomsel di tanah air. Sepanjang 2020, pendapatan digital business Telkomsel mencapai Rp 62,34 triliun, angka tersebut tumbuh 7 persen dibandingkan 2019. Pertumbuhan IndiHome ini pun akhirnya ikut berkontribusi pada induk usahanya, Telkom. Sepanjang 2020, pendapatan data, internet, dan IT di Telkom mencapai Rp 70,99 triliun. Nilai ini tumbuh 8 persen dibandingkan 2019. Jumlah pelanggan Indihome kemungkinan akan bertambah lagi seiring promo dan paket dari layanan ip tv, Useetv yang menyiarkan Euro 2020. Seperti diketahui, IndiHome menjadi official IPTV Broadcaster untuk UEFA Euro 2020 bekerja sama dengan Mola TV dalam penayangan 51 pertandingan Piala Eropa tersebut.

 

 

Sumber : https://www.tribunnews.com/