Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot, Auto Ngebut – Bagi para pelanggan WiFi rumahan IndiHome pastinya pernah atau bahkan sering mengalami permasalahan akses internet yang lambat alias lemot.

Nah, bagi kalian yang sudah mulai naik pitam terhadap lemotnya akses internet dari perusahaan plat merah tersebut, berikut ini adalah penyebab WiFi IndiHome lemot dan beberapa cara mengatasi WiFi IndiHome lemot dengan mudah agar auto ngebut.

 

Penyebab WiFi IndiHome Lemot

 

1. Perangkat Error atau Rusak

Faktor yang sering kali luput dari perhatian kenapa WiFi IndiHome lemot adalah kerusakan pada perangkat yang digunakan. Kerusakan atau error pada router, WiFi yang dipasang, dan kabel optic yang digunakan bisa membuat jaringan internet terganggu dan lebih lambat dari biasanya. Pastikan bahwa setiap perangkat yang kalian gunakan berfungsi dengan baik untuk menghindari turunnya kecepatan internet yang digunakan.

 

2. Penempatan Router yang Salah

Salah meletakkan router WiFi IndiHome juga bisa menjadi alasan mengapa koneksi WiFi menjadi lemot loh. Ada beberapa spot yang “haram” bagi router WIFI yang harus kamu tahu. Bisa karena router posisi terlalu tinggi, terlalu rendah, berada di ruang tertutup, atau pun diletakkan di dekat perangkat elektronik lain.

 

3. Terlalu Banyak Pengguna

Memang sudah kodratnya kalau WiFi bisa digunakan oleh siapapun, asalkan mereka berada di dalam jangkauannya. Bahkan, WiFi mampu menampung hingga banyak pengguna sekaligus. Hal ini bisa dijadikan sebagai faktor penyebab WiFi IndiHome menjadi lemot.

Terlalu banyak orang yang menghubungkan perangkatnya ke WIFI atau secara bersamaan, maka tidak menutup kemungkinan juga kalau kamu akan merasakan kesulitan menjelajahi dunia online dengan baik.

Baca Juga : Tips Mengatur Jangkauan Indihome Dengan Mudah

 

4. FUP Melebihi Batas

Meskipun internet yang kalian gunakan dilabeli sebagai internet unlimited, kebijakan Fair Usage Policy atau yang lebih dikenal sebagai FUP masih diterapkan. 

Jika penggunaan internet kalian sudah melebihi batas FUP IndiHome maka kecepatan internet yang digunakan akan secara otomatis dikurangi. 

 

5. Maintenance atau Perbaikan Gangguan Jaringan

Faktor yang terakhir ini tidak bisa diakali dengan cara apapun dan kalian hanya bisa menunggu sampai masalah internet IndiHome lemot hilang dengan sendirinya.

Untuk memastikan layanan yang diberikannya selalu dalam kondisi yang terbaik, terkadang proses maintenace dilakukan oleh pihak IndiHome dan hal ini bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet.

 

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

 

1. Restart Router

Restart router merupakan cara yang paling sering disarankan oleh Customer Service IndiHome ketika menanggapi keluhan pelanggan.

Router merupakan salah satu perangkat yang sering kali menjadi penyebab kenapa IndiHome lemot. Perangkat yang bertanggung jawab sebagai perantara perangkat yang digunakan dengan internet ini, terkadang mengalami error setelah digunakan beberapa lama yang bisa menyebabkan gangguan kecepatan internet.

Proses restart router ini biasanya akan membantu dalam menghilangkan error yang terjadi pada router yang kalian gunakan, dan memang sering kali bisa menjadi jalan keluar bagi koneksi internet IndiHome lemot.

 

2. Fengshui Router

Penempatan lokasi router IndiHome merupakan salah satu hal krusial yang sering kali dilupakan oleh para penggunanya. Umumnya kebanyakan orang akan memasang router-nya dekat dengan tempat colokan listrik. Setelah itu kebanyakan orang akan meletakkannya dimana pun, entah di meja, di lemari, atau bahkan di lantai.

Bagi kalian yang melakukan hal seperti ini juga, ada baiknya untuk memindahkan posisi router. Karena meletakkan router di tempat yang rendah atau terhalang berbagai macam benda di rumah merupakan salah satu penyebab buruknya koneksi WiFi IndiHome.

Selain itu hindari meletakkan router IndiHome di tempat yang terhalang tembok atau besi. Karena hal ini juga akan menyulitkan sinyal WiFi IndiHome untuk penetrasi ke perangkat.

 

3. Gunakan Repeater

Berhubungan dengan poin di atas, di mana sinyal WiFi Indihome menjadi lemot karena penempatan router yang salah, kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli perangkat repeater.

Masalah WiFi Indihome yang lemot umum dijumpai pada orang yang memiliki rumah luas dengan banyak kamar namun hanya menggunakan satu router, tanpa repeater. Biasanya sinyal WiFi di kamar-kamar terujung akan sangat buruk, dan hal ini akan memengaruhi koneksi WiFi IndiHome tentunya.

Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali. Tentu membeli repeater merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet WiFi IndiHome yang dapat dengan mudah kalian lakukan.

 

4. Batasi Jumlah Pengguna

Selain karena terjadi error pada perangkat yang digunakan, penyebab WiFi IndiHome lemot juga bisa terjadi karena terlalu banyak perangkat yang terhubung.

Jika kecepatan internet IndiHome kalian hanya 10Mbps/s, dan terdapat lebih dari 5 perangkat yang tersambung kecepatan yang diterima oleh tiap perangkat pun akan menjadi sangat kecil.

Terlebih lagi, jika salah satu perangkat melakukan proses download, koneksi pada perangkat lain bisa berkurang secara drastis.

Untuk melihat jumlah pengguna yang aktif caranya masuk ke menu admin, masukkan password router kalian dan lihat seberapa banyak perangkat yang terhubung. Jika memang terlalu banyak, batasi jumlah pengguna agar internet kembali lancar.

 

5. Hapus Cache pada Browser

Internet IndiHome lemot ketika digunakan untuk browsing? Bisa jadi Browser yang kalian gunakan menyimpan terlalu banyak cache.

Cache bisa menyebabkan koneksi internet yang kalian gunakan menjadi lambat karena cache berisi data dari kegiatan browsing yang kalian lakukan sebelumnya.

Terlalu banyak menyimpan cache bisa membebani kerja internet browser, juga menjadi penyebab IndiHome lemot. Hapus cache pada Browser yang kalian gunakan untuk mempercepat koneksi internet pada saat mengakses internet melalui browser yang digunakan.

 

6. Menggunakan Fungsi CMD

Selain beberapa cara di atas, kami juga memiliki cara mempercepat koneksi WiFi di laptop/PC dengan fungsi CMD dan tanpa aplikasi tambahan. Pertama-tama bukalah command prompt, setelah sebelumnya kalian pastikan bahwa laptop atau PC sudah terkoneksi ke jaringan WiFi.

Kemudian pada nama WiFi klik kanan dan klik status. Setelah itu akan muncul tampilan status Wireless Network Connection dan kalian bisa melihat alamat IP WiFi di pilihan detail. Cara lain adalah dengan cara mengetik ipconfig pada CMD.

Setelah itu masuk ke CMD dan ketik ping –l (jumlah request bandwidth) (IP address) –t. Misalnya jika kalian menginginkan bandwidth 1000 bytes (berarti lebih dari yang disediakan, umumnya 32 bytes) dan IP address kalian 192.168.1.1, maka bisa ketik ping –l 1000 192.168.1.1 –t.

Biarkan CMD terbuka selama kalian terhubung dengan internet. Hal ini merupakan salah satu cara mempercepat koneksi dengan CMD yang bisa kalian lakukan sendiri.

Metode lain untuk mempercepat koneksi WiFi menggunakan CMD adalah dengan cara berikut ini. Setelah membuka CMD, buka root dengan cara ketik cd C:\. Setelah mengetikkan hal tersebut kalian bisa menuliskan netsh interface tcp set global autotuning=disabled. Maka tampilan jendela CMD akan berubah.

Kalian bisa langsung menjelajah internet dengan setting terbaru ini. Jika kalian ingin mengembalikkan hal ini menjadi kondisi semula, kalian bisa ketik netsh interface tcp set global autotuning=normal lalu tunggu hingga muncul notifikasi.

 

7. Ubah Pengaturan QoS

Bagi pengguna komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, Windows secara default mengalokasikan 20% bandwidth untuk kebutuhan Windows Update, dan 80% bandwidth yang tersedia untuk internet kalian.

Sehingga salah satu cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa kamu coba adalah mengatur penuh lebar pita untuk internet kalian. Caranya, yakni sebagai berikut:

– Klik Start > Run > ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).

– Klik menuju Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.

– Klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.

– Klik dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.

– Klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.

– Klik Apply.

 

8. Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara meningkatkan koneksi WiFi IndiHome lainnya adalah dengan mengatur IRPStackSize lebih tinggi bila kalian menggunakan laptop/PC. Jika kamu meningkatkan nilai ini, maka kalian akan bisa memperoleh kecepatan Internet yang lebih optimal.

Secara default, nilai IRPStackSize ini adalah 15, padahal nilai ini bisa ditambah hingga 50. Untuk itu, kalian harus mengganti pengaturan tersebut, caranya sebagai berikut:

– Klik Start > Run > ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk membuka Registry Editor.

– Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.

– Di folder Parameter tersebut, klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, dan ganti nilainya menjadi 50.

– Jika file tersebut tidak ditemukan, buat file DWORD baru dengan klik kanan, New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.

– Klik OK, dan tutup Registry Editor.

– Restart komputer.

 

 

 

Sumber : https://teknologi.id/